DESA GUCIALIT MENANGKAN LOMBA DESA BERSERI

 

Desa Gucialit akhirnya berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Desa Berseri Tingkat Kabupaten Lumajang. Oleh karenanya Desa Gucialit akan mendapatkan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk maju dalam lomba desa Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal ini merupakan prestasi bagus yang telah dicapai oleh segenap masyarakat Gucialit.

sumber: hangoutbareng.files.wordpress.com

Dalam penilaian Desa Berseri ini poin penting yang mendominasi penilaian adalah tata cara pengolahan sampah yang benar. Sampah harus dipilah sesuai kategorinya. Setelah dipilah-pilah maka sampah harus dikelola sesuai jenisnya. Sampah organik didaur ulang untuk menghasilkan pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik dipilah sesuai jenisnya dan dibedakan antara yang dapat didaur ulang dengan yang tidak. Sampah anorganik bisa diproses ulang di pabrik atau dijadikan kerajinan yang dapat dipakai sendiri ataupun dijual. Proses pemilahan sampah anorganik ini dilakukan oleh masyarakat melalui Bank Sampah. Sedangkan proses pemilahan antara sampah organik dan anorganik dilakukan di rumah masing–masing warga. Apabila masing-masing rumah dapat memilah sampahnya sendiri, maka proses mendaur ulang sampah anorganik akan mudah.

sumber: http://i3.ytimg.com

Selain masalah pengolahan sampah, hal lain yang diperhatikan dalam penilaian lomba Desa Berseri ini adalah masalah pemanfaatan pekarangan rumah sebagai area hijau. Pekarangan harus ditanami dengan berbagai macam tanaman yang bermanfaat. Selain sebagai usaha meningkatkan ketahanan pangan juga meningkatkan suplai oksigen di lingkungan sekitar.

sumber: http://2.bp.blogspot.com

Dalam arahan yang diberikan oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup disampaikan bahwa hal yang penting diperbaiki di Desa Gucialit adalah pemilahan sampah dan peningkatan aktifitas di Bank Sampah. Walaupun sudah terdapat Bank Sampah, namun masih banyak warga yang salah dan kurang efektif dalam memilah sampah. Dalam memilah sampah diperlukan pengetahuan, usaha keras, dan kedisiplinan warga dalam memilah sampah. Dari ketiga hal tersebut dalam memilah sampah, maka akan lebih mudah melakukan reuse dan recycle. Selain itu pengurangan penggunaan plastik harus ditingkatkan, hal ini akan sangat membantu terciptanya Desa Berseri. (by: Ima; edit: nrl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories
Find a Doctor


Temukan tenaga medis dan staff kami disini.

Search Staff