Meriahkan HKN, Puskesmas Gucialit Screening PTM

 

Gucialit, Lumajang – 08 Desember 2016 – Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Gucialit tidak seperti biasanya. HKN tahun ini dimeriahkan dengan kegiatan istimewa teruntuk para lansia, yaitu screening Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan ini dilaksanakan di balai Desa Gucialit (Selasa, 06 Desember 2016) dan di balai Dusun Sidorukun (Rabu, 07 Desember 2016). Antusiasme masyakarat mengikuti kegiatan ini tergolong tinggi. Dalam dua hari, 174 penduduk mengikuti kegiatan ini. Pemeriksaan dalam kegiatan ini meliputi pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memeriahkan HKN Tahun 2016, deteksi dini penyakit tidak menular, sekaligus memberikan pelayanan lebih dekat bagi masyarakat yang jarang berkunjung ke Puskesmas. Sebelum kegiatan pemeriksaan, masyarakat juga diberikan penyuluhan terlebih dahulu terkait apa itu penyakit tidak menular. Salah satu isi dari materi penyuluhan adalah upaya yang harus dilakukan dalam menghindari penyakit tidak menular.

“CERDIK merupakan upaya dalam menghindari penyakit tidak menular. CERDIK ini merupakan sebuah singkatan dari cek tekanan darah secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress,” ujar Kak Azizah, tenaga kesehatan teladan Puskesmas Gucialit.

Penyakit tidak menular yang menyerang manusia mempunyai durasi panjang. Terdapat empat  jenis penyakit tidak menular menurut WHO. Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit kardiovaskular (seperti serangan jantung/stroke), kanker, diabetes, dan penyakit pernafasan kronis. (dna.zeze/edit:nrl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories
Find a Doctor


Temukan tenaga medis dan staff kami disini.

Search Staff